Thursday, September 29, 2011

KTM berbasis "QR Code"


Teknologi QR code sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan atau institusi. Tapi mungkin di antara kita banyak yang masih kurang mengerti tentang QR code ini. Teman-teman langsung searching sendiri aja ya, banyak banget kok artikel-artikel yang menjelaskan tentang QR code :D Munkgin untuk para kompas-holic sudah tidak asing lagi dengan QR code yang kelihatannya rumit dan nggak jelas itu hehehe

Di sini saya tidak akan menjelaskan tentang QR code itu sendiri tapi lebih ke implementasinya. Ide yang terbesit di kepala saya adalah mengaplikasikan QR code ke dalam kartu mahasiswa atau KTM. Ide ini terinspirasi dari seringnya terjadi KTM yang hilang atau tertinggal sedangkan orang yang menemukan tidak tahu harus mengembalikan kepada siapa karena tidak ada informasi tentang alamat si pemilik KTM. Di bawah ini adalah screenshot KTM saya: 


Bisa dilihat dari gambar di atas, pada KTM tersebut terdri dari nama&logo universitas, nama lengkap, NIM, foto, barcode, dan masa berlaku. Nah, pada KTM tersebut terdapat barcode yang mungkin berisi biodata lengkap mahasiswa..ya saya juga belum pernah mencoba karena saya nggak  punya barcode scanner ;p Menurut saya penggunaan barcode kurang efektif karena tidak semua orang punya barcode scanner

Dari situ munculah ide bagaimana jika barcode ini diganti dengan QR code sehingga semua orang bisa mengaksesnya. Aplikasi QR code reader bisa dijalankan di mobile phone dari level smartphone sampai java mobile phone, minimal ada kamera dan GPRS. Hasil scanning QR code pada KTM akan menghubungkan kita ke URL di mana bidoata lengkap mahasiswa ditampilkan. Jadi jika suatu saat kita menemukan KTM tercecer, kita tinggal menggunakan aplikasi tersebut untuk menemukan alamat si pemilik KTM sehingga memudahkan kita untuk mengembalikan KTM tersebut, mudah bukan?

Namun pastinya kita harus memperhatikan resiko-resiko yang mungkin terjadi misalnya penyalahgunaan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan tindakan kriminal yang akan merugikan si pemilik KTM. Ya mungkin bisa dibuat suatu sistem yang lebih baik untuk pembuatan KTM berbasis QR code ini. Saya berharap ide ini bisa terealisasi mengingat banyaknya manfaat dari penggunaan teknologi tersebut (:

1 comment: