Tuesday, September 6, 2011

Tumbling on Tumblr

Istilah microblog tentunya sudah tidak asing di telinga kita karena hampir setiap hari kita memakainya. Microblogging merupakan bentuk sederhana dari blogging. Yah sebenarnya banyak sekali situs-situs yang menyediakan fasilitas microblogging seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Plurk, MySpace, Google+, dan masih banyak lagi. Awalnya microblog dikenal dengan istilah tumblelog. Untuk situs jejaring sosial, fitur microblogging disediakan dalam bentuk status update. Dari semua situs microblog tersebut saya paling tertarik dengan Twitter dan Tumblr karena menurut saya kedua situs ini bisa dibilang yang paling simpel dan fitur-fiturnya menarik.

Kali ini saya akan membahas tentang Tumblr dari sisi interface-nya. Sebuah situs yang menyediakan layanan tumblelog gratis. Selain disediakan dalam versi desktop, Tumblr sudah tersedia dalam versi mobile. Situs ini lebih simpel dari situs blogging seperti Blogger atau Wordpress. Situs ini sudah mulai digemari oleh banyak orang yang mayoritas adalah remaja. Banyak yang mengatakan Tumblr merupakan kombinasi antara Twitter dan blog.

Kita sering kali mendengar kata blogging maka dalam Tumblr sering kali dikenal dengan istilah tumbling. Tumbling on TumblrSalah satu keistimewaan Tumblr adalah adanya fitur posting yang lebih spesifik. Ada beberapa post options yang terdapat pada menu Dashboard yaitu Text, Photo, Quote, Link, Chat, Audio, Video. Fitur tersebut membuat Tumblr lebih simpel dan mudah digunakan dibanding situs-situs blogging yang sudah ada. 

Kita bisa menggunakan Tumblr dengan mudah dengan melakukan sign up kemudian log in seperti biasa. Berikut halaman awal Tumblr:




Warnanya tidak mencolok, simpel, dan elegan. Kita bisa langsung melakukan sign up atau klik login di sebelah pojok kanan atas. Setelah logged in kita akan terhubung ke Dashboard. Berikut contoh tampilan Dashboard:



Bisa dilihat dari gambar di atas, halaman tersebut mempunyai komposisi teks dan gambar yang seimbang. Warnanya pun tidak mencolok sehingga menjadikannya simpel tapi menarik.
Dalam lingkaran warna kuning terdapat post options yang didukung dengan gambar untuk masing-masih pilihan. Text untuk posting teks biasa, namun bisa juga disisipi gambar dengan memasukkan image url-nya. Photo untuk posting foto atau gambar. Kita bisa langsung meng-upload dari komputer kita atau dengan memasukkan image url. Jika kita akan menampilkan lebih dari satu foto maka kita bisa memilih layout bagaimana posisi foto-foto kita ditampilkan. Bisa dilihat contoh di bawah ini:



Menurut saya fitur pilihan layout tersebut sangat menarik karena akan membuat tampilan post tidak kaku. Menggunakannya juga sangat mudah, tinggal klik salah satu pilihan. Untuk Quote, Link, Chat, Audio, Video bisa dimengerti dengan mudah.

Kalau di Twitter ada istilah retweet maka di Tumblr ada istilah reblog yang artinya hampir sama dengan repost. Bisa dilihat di gambar Dashboard yang saya lingkari warna biru. Kemudian ada juga button bentuk hati yang saya lingkari warna orange, artinya like atau favorite. Jika kita me-reblog suatu post maka akan terlihat di Dashboard kita dan followers kita.

Kembali ke gambar Dashboard. Ketika pertama kali saya menggunakan Tumblr, saya sempat tertipu dengan button yang saya lingkari warna merah. Di situ tertulis following 35 people tetapi ternyata button tersebut akan terhubung dengan Dashboard lagi. Padahal yang saya harapkan adalah halaman di mana saya bisa melihat akun siapa saja yang saya follow. Bahkan sampai sekarang pun saya masih suka tertipu ☺

Untuk halaman lain seperti Setting dan Tumblelog menurut saya sudah bagus dan mudah digunakan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis di sini. Saya harapkan komentar teman-teman untuk menambahkan apa yang kurang dari post ini.
Let’s tumbling  :D

4 comments:

  1. tumblr ini menurut saya memang mempunyai tampilan yang simple, user friendly tapi tetap menarik dan tidak terkesan kaku dengan pilihan warna yang soft.

    ReplyDelete
  2. Tumblr memang sangat menarik, aplikasi ini memang diperuntukkan untuk orang-orang yang suka memposting dan membagikannya kepada khalayak ramai, hal ini didukung oleh fitur-fitur mearik yang disediakan oleh Tumblr itu sendiri, fitur yang menarik disertai dengan tampilan yang simple namun menarik dan elegan, serta mudah dimengerti oleh para penggunanya. Secara keseluruhan, Tumblr memiliki interface yang menarik dan disertai dengan fitur yang menarik pula.

    ReplyDelete
  3. NICE POSTING!!
    :D
    Yang dibahas di atas selaras dengan yang saya rasakan ketika menggunakan tumblr.

    Simple, fully-customizable, and easy to use.
    Ketiga hal tersebut yang membuat Tumblr disukai.

    Simple : Tata letak dari tombol-tombol fitur Tumblr sangat bersahabat. Tidak seperti dashboard pada Wordpress, Tumblr membuat dashboard yang sangat mudah dikenali dan langsung digunakan oleh pemula. Tata letak tersebut pun sangat mendukung fungsi microblogging, yaitu membuat posting baru, melihat update post dari orang lain, dan melihat posting yang berkaitan dengan hal/bidang yang kita minati.

    Fully-customizable : Fitur yang satu ini juga membuat Tumblr populer digunakan. Di kala jejaring sosial sangat minim dengan fitur kustomisasi layout halaman profil seorang user, Tumblr hadir dengan fitur yang membebaskan seorang user mengedit/berkreasi dalam tampilan blognya. Dan yang tak kalah pentingnya, dengan penggunaan yang lebih mudah dibandingkan dengan blog pada umumnya.

    Easy to use : Seperti yang telah beberapa kali saya ungkit, sisi penggunaan fitur-fitur lengkap Tumblr secara mudah menjadi kelebihan Tumblr.

    Pada umumnya, seorang user suatu situs/blog sangat memperhatikan sisi kemudahan penggunaan, fitur yang ditawarkan, dan tampilan interface.
    Bagi maniak blogging, tentunya yang diutamakan adalah bagaimana mereka mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagi berbagai macam hal. Karena itulah, Tumblr dengan 3 keunggulan tersebut, menjadi populer di kalangan blogger, khususnya remaja.

    ReplyDelete
  4. hmm..tampilannya menarik dan simple.,..warna yang dipakai juga tidak terlalu mencolok...
    saya belum pernah menggunakan tumblr....jadi review ini bisa menjadi wacana yang menarik...

    ReplyDelete