Monday, July 2, 2012

Tiga Hal yang Menyebabkan Twitter Account Suspended

Pernah nggak akun twitter suspended? Saya pernah mengalaminya, bukan cuma sekali tapi berkali-kali. Waktu itu saya masih polos bin dodol banget. Ya ceritanya saya ingin membuat akun twitter untuk bisnis kecil-kecilan saya dan teman saya. Kebetulan saat itu sedang ada Open Pre Order untuk suatu produk *ceilah produk* sehingga saya mencoba untuk ngetwit ke akun-akun yang sekiranya tertarik dengan produk tersebut. Nah bodohnya saya nggak kepikiran sama yang namanya spamming. Secara tidak sadar *halah* saya sudah spamming ke banyak akun padahal saya memakai akun baru yang jumlah tweet-nya belum banyak. Kemudian saat itu juga akun tersebut langsung suspended. Nasib nasib, akhirnya saya pasrah aja deh...huhu





Saya menemukan satu postingan bagus yang membahas tentang fenomena Twitter Account Suspended ini. Mungkin saya hanya akan menerjemahkan dengan bahasa saya sendiri.
Jadi, ada tiga hal yang dapat menyebabkan akun twitter suspended. 

  1. Spamming People. Yang pertama ini persis yang saya lakukan, mengirim tweet yang sama ke banyak orang/akun sehingga Twitter menganggap kita sebagai spammer. Spamming ini melanggar  Twitter Terms of Service
  2. Massively Following and Unfollowing People. Fitur following dan unfollowing merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari Twitter. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa jika angka following kita banyak maka angka follower(s) juga akan bertambah. Padahal ada angka batasan maksimal berapa banyak akun yang boleh kita follow dalam satu hari. Dalam Following Rules and Best Practices terdapat ketentuan batas maksimal angka following baru untuk per harinya yaitu 1000 akun.
  3. Multiple Accounts. Untuk yang ini saya kurang memahami kenapa membuat multiple accounts bisa menyebabkan akun suspended.
Nah bagaimana cara mengatasi Account Suspension  ini? Klik di sini kemudian isi form yang ada, utarakan penyebab atau keluhan Anda kemudian submit, insya Allah beberapa saat kemudian akun Anda akan kembali lagi *sejujurnya saya juga belum pernah nyoba hahahah*

Semoga bermanfaat, maaf kalau cuma repost translate doang wkwkwk...Annyeong!

8 comments:

  1. Jadi kalau mau promosi produk gmn ya? kan ga boleh kirim tweet yg sama ke byk akun.
    -mohon bantuannya-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saran saya sih rajin2 saja ngerubah konten tweet promosinya, ya paling tidak satu dua kata diubah, kan yang penting beda jadi tidak dianggap sebagai spam :) Sebenernya ngetweet ke 20akun/hari juga udah cukup,yg penting tepat sasaran ^^

      Delete
  2. maksutnya multiple accaun gmna bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logikanya sih, membuat lebih dari satu akun twitter menggunakan satu email address yang sama.
      Setahu saya, twitter tidak menyediakan fitur untuk membuat multiple account menggunakan satu email address. Hanya saja ada beberapa artikel yang membahas tenang trik untuk melakukannya, salah satunya http://www.techlanes.com/2013/05/setup-multiple-twitter-accounts-with-one-email-address.html

      Delete
  3. Wah hampir aja ane pake cara gitu....
    Mksh infonya.
    Btw ada cara lainnya ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk promosi lebih baik jangan terlalu fokus di twitter. Apalagi jaman sekarang sudah banyak website yang menyediakan fasilitas untuk membuka 'toko online' sendiri, seperti olx.com atau berniaga.com atau FJB Kaskus. Selain itu instagram juga sudah menjadi salah satu tempat favorit untuk berjualan online..

      Delete
  4. Kalau banyak akun dengan email yang berbeda-beda, harusnya nggak apa-apa kan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Karena tidak ada koneksi antara email yang satu dengan yang lain. Menurut saya untuk kasus suspended account ini lebih cenderung disebabkan adanya spamming atau bisa juga konten tweet yang mengandung SARA/teror, misalnya akun milik kelompok militan Boko Haram yang baru saja di-suspend.

      Delete