Saturday, June 30, 2012

Tag People on Google+

Well maybe it's kinda late tapi saya baru tahu kalau ada semacam auto face-dectection pada sistem photo tagging di Google+. Jadi setelah kita mengupload beberapa foto yang di dalamnya terdapat orang-orang yang sama maka Google+ akan otomatis meng-crop bagian wajah suatu foto dan dikelompokan dengan hasil crop dari foto-foto yang lain yang merupakan wajah orang yang sama. Dari hasil pengelompokan tersebut user dapat langsung melakukan tagging. Ya ini sangat memudahkan pengguna sehingga tidak perlu melakukan tagging secara manual pada setiap foto.

Kemarin saya mencoba mengupload beberapa foto:

 
 

Setelah semua foto terupload kita akan terhubung ke popup Tag People. Berikut tampilannya:


Bisa dilihat di sini ada pengelompokan potongan wajah dari 3 orang yang ada pada foto-foto yang tadi saya upload. Dengan begitu kita dapat menge-tag seseorang pada lebih dari satu foto dan tidak perlu repot-repot untuk mengklik bagian wajah seperti sistem photo tagging lainnya misalnya pada F*cbook atau MySp*ce. Bagi saya fitur ini sangatlah WOW *maklum saya masih copo* karena mungkin menggunakan Image Retrieval yang rumit.


Semoga bermanfaat dan happy weekend everyone ^^

0 comments:

Post a Comment