Friday, July 31, 2015

Beli atau Sewa Film di Google Play Movies

Akhirnya, akhirnya, Google Play Movies sudah  bisa diakses di Indonesia. Saya sempat kaget ketika mendengar berita ini. Indonesia gitu lho, biasanya paling susah dapet akses beginian. Alhamdulillah deh ada kemajuan hehe.

Tampilan pada aplikasi Google Play for Android

Google Play Movies dapat di akses melalui Google Play baik menggunakan aplikasi smartphone (Play Store > Movies)  maupun desktop browser (klik disini). Seperti biasa, kita dapat melihat daftar film yang tersedia dilengkapi dengan informasi judul, deskripsi, rating, durasi, harga, masa sewa, dan detail lainnya.

Tampilan Home
Saat kita membuka salah satu film, kita akan melihat summary film yang terdiri dari trailer video, harga sewa, harga beli, rating, genre, etc. Penjelasan yang lebih detail dapat dilihat dengan menekan Read More.

Tampilan detail film American Sniper
Tampilan detail film American Sniper pada section Read More

Nah jika kita perhatikan, ada dua jenis purchasing yang disediakan:

Rent / Sewa
Sebelum menyewa, kita harus memperhatikan periode sewa. Setiap film mempunyai periode sewa. Jangan sampai salah mengartikan yang satu ini.
"Start within 30 days, finish within 48 hours"
Nah lho, jangan sampai tertipu. Ini bukan berarti kita bebas menonton selama 30 hari. Kita dapat 'memulai' menonton film dalam kurun waktu 30 hari sejak hari purchasing dilakukan. Dengan kata lain masa berlaku penyewaan film adalah 30 hari. Nah batas akhir untuk menyelesaikan (menonton) film adalah 48 jam dihitung dari waktu pertama kita memulai menonton. Riweh kan. Haha. So, jangan sampai rugi kelewatan periode 48 jam nya ya. Untuk lebih jelasnya saya akan memberi contoh.
Pembelian         : 1 Juli 2015
Berlaku sampai : 30 Juli 2015 
Mulai menonton : 3 Juli 2015 Pukul 06:00
Batas akhir menyelesaikan film : 5 Juli 2015 Pukul 06:00

Buy / Beli
Kalau mau bebas menonton kapan saja, pilih saja jenis purchasing yang kedua ini. Fitur ini bisa dikatakan unlimited subscription. Kita bebas menonton kapan saja dan dimana saja.



Sekarang, saya akan mencoba untuk menyewa film The Godfather. Saya tekan tombol Rent, kemudian pilih billing account yang digunakan, dapat menggunakan kartu kredit atau billing dari nomor handphone. Saat ini sudah ada dua provider yang menyediakan fasilitas 'potong pulsa' untuk melakukan pembelian pada Google Play.

Tampilan pilihan purchase 'Rent'

Ada dua pilihan kualitas film yang bisa kita sewa, yaitu HD (High Definition) dan SD (Standard Definition). Film dengan kualitas HD tentunya lebih mahal dari SD. Saya memilih SD karena kualitas tersebut sudah cukup bagus untuk diputar di smartphone. Setelah berhasil melakukan pembayaran, buka menu My Movies untuk memulai menonton. Kita akan diminta untuk mendownload aplikasi tambahan, ukurannya tidak terlalu besar.
Permintaan untuk mendownload aplikasi tambahan
Tampilan aplikasi Google Play Movies & TV
Daftar film yang sudah kita sewa/beli dapat dilihat pada menu My Movies. Ada dua cara untuk menonton film: streaming dan download. Saya lebih memilih download untuk menghindari proses buffering yang lama saat streaming (maklum koneksinya lemot hehe). Hasil download bukan berupa file yang bisa kita pindahkan dengan bebas. Fitur download ini lebih mirip dengan 'available offline' Youtube. Dan yang perlu diingat, walaupun kita memilih download, batas akhir menyelesaikan film dalam waktu 48 jam tetap berlaku. Selain itu, kia tidak perlu repot-repot untuk mendownload file subtitle, hampir semua film sudah tersedia dalam subtitle Indonesia. 

Daftar film yang sudah di-purchase

Nah, gampang kan? Nggak perlu beli yang bajakan lagi deh. Semoga saya bisa lebih termotivasi untuk bertobat dari aktivitas download film bajakan :D

5 comments:

  1. Owh, jadi 48 jam itu masa tontonnya ya.

    Makasih.

    ReplyDelete
  2. Askum setelah saya beli hd dan udah selesai nonton dan hapus film installnya tp apa harganya berubah jadi pasang ? Bisa jadi nonton selamanya tanpa bayar karena udah beli seperti beli kaset?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memilih fitur Beli seharusnya bebas ditonton kapan saja

      Delete