Saturday, October 27, 2012

Priyatin

Teringat kata-kata Bapak saya dari jaman SD sampe sekarang: "Dadi menungsa iku kudu priyatin..." 

Kalimat tersebut sudah saya hafal di luar kepala, bahkan dulu saya dan kakak saya kadang suka agak kesel kalo Bapake udah mulai nyrempet-nyrempet kalimat itu hehe. Tapi saya baru sadar kalimat itu memang benar. Ada rasa penyesalan karena menganggap sepele kalimat tersebut. Aduh Bapake, maafkan aku..nyuwun pangapunten..


Terjemahan dari kalimat tersebut kurang lebih adalah jadi manusia itu harus priyatin. Priyatin itu apa ya artinya?Hmmm intinya kita nggak usah neko-neko...apa adanya aja... Sebagai contoh, Bapake a.k.a Bapak saya bukan dari keluarga yang serba berkecukupan. Beliau sangat menjunjung tinggi prinsip ke-priyatin-an. Beliau pernah bercerita bahwa suatu saat beliau hanya makan nasi dengan bawang merah diiris-iris dicampur dengan kecap karena Mbah kakung dan putri tidak mampu beli lauk. Dan beliau tidak merasa sedih atau pun mengeluh, karena beliau tau Mbah kakung&putri memang sedang tidak ada uang. Jadi intinya, Bapake tidak pernah menuntut sesuatu yang di luar kemampuan Mbah kakung&putri.


Namun, yang namanya anak, hobinya ngeles, selalu ada aja excuse. Pernah saya ngomong, "Loh Pak, jaman  sekarang sama jaman dulu kan beda...berarti gausah priyatin gitu juga gapapa dong." Dan sekarang saya sangat menyesal karena pernah ngomong kayak gitu ke Bapake huhu. Kenyataannya, jaman sekarang sama dulu nggak ada beda. We should be priyatin everytime and everywhere *halah bahasanya* Contoh priyatin jaman sekarang, ya kurangi lah jalan-jalan yang nggak jelas, buang-buang uang buat hal nggak penting, pokoknya kurangi melakukan hal-hal yang banyak mudharatnya. Dan yang terpenting, jangan pernah menuntut hal-hal yang sekiranya bakal ngerepotin orang tua kita, jangan sampai orang tua kita pusing tujuh keliling gara-gara kita minta yang aneh-aneh. Kita masih dibiayain sekolah/kuliah aja udah Alhamdulillah pake banget :]


Kalo kata D'Massive, Syukuri apa yang ada..

Kalo kata Al Qur'an:


فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلا تَكْفُرُونِ
“Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” 
(Al-Baqarah: 152)

0 comments:

Post a Comment