Di sini saya akan mencoba menganalisis situs www.bri.co.id . Tampilan awal dari situs ini bisa dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Tampilan awal situs
Search box bisa ditemukan dengan mudah pada sisi kanan halaman bagian tengah ditandai dengan adanya text box ditambah gambar lup di sampingnya.
Saya mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci “sms banking”. Hasil pencarian ditampilkan pada Gambar 2 dan Gambar 3.
Gambar 2. Hasil pencarian
Gambar 3. Perbesaran Gambar 2
Dari Gambar 3, bisa dilihat hasil pencarian dari kata kunci “sms banking” yang membuat saya bingung. Judul artikel yang berjudul “SMS Banking BRI” malah berada pada urutan ketiga padahal artikel tersebut adalah artikel yang memang paling signifikan dengan kata kunci yang saya ketik. Seharusnya artikel tersebut berada pada posisi pertama. First results page is golden (Neilsen, 2001). Kata “sms banking” juga sama sekali tidak ditampilkan, yang ditampilkan hanya kalimat pertama pada masing-masing artikel. Tentunya hal ini akan membuat pengguna bingung dan tidak yakin bahwa dalam artikel tersebut benar-benar terdapat kata kunci yang dicari.
Saya mencoba membandingkan tiga artikel pertama. Saya membandingkan seberapa banyak kata “sms banking” yang terdapat pada masing-masing artikel. Jumlah kata “sms banking” untuk artikel pertama, kedua, dan ketiga adalah 5, 0, dan 6. Entah kenapa hasil pencarian bisa menjadi seperti itu. Selain itu tidak ada perubahan warna pada link yang sudah diklik.
Pada halaman Search Results (Gambar 2), tidak ditemukan adanya search box sehingga bila kita ingin melakukan pencarian lagi kita harus kembali ke halaman home untuk menemukan search box. Jika diperhatikan, search box hanya terdapat pada halaman home. Padahal dalam sebuah website, search box harus ada pada setiap halaman (Nielsen, 1997). Pada halaman hasil pencarian juga tidak ada keterangan kata kunci apa yang sedang dicari oleh pengguna.
Secara keseluruhan antarmuka pencarian dan hasil pencarian dari website BRI ini terlihat buruk. Antarmuka pencarian tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada. Hasil pencarian pun tidak jelas, tidak sesuai dengan yang pengguna inginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Nielsen, Jakob. 1997. Search and You May Find. [terhubung berkala] http://www.useit.com/alertbox/9707b.html [24 Oktober 2011]
Nielsen, Jakob. 2001. Search: Visible and Simple. [terhubung berkala] http://www.useit.com/alertbox/20010513.html [24 Oktober 2011]
0 comments:
Post a Comment